PME ITB Mendapat Kunjungan Dari Polytron

Pada Kamis (6/3) PT. Hartono Istana Teknologi atau yang lebih dikenal dengna Polytron berkunjung ke Pusat Mikroelektronika (PME) ITB. Bertempat di ruang pertemuan lantai 4 gedung Riset dan Inovasi (PAU), 7 orang perwakilan Polytron disambung hangat oleh perwakilan PME ITB. Manajer umum bidang telpon seluler PT. Hartono Istana Teknologi, Usun Pringgodigdo, mengawali diskusi ini dengan paparan mengenai profil perusahaan dan rencana pengembangan bisnisnya. Menurutnya, prospek bisnis smartphone di Indonesia sangat besar. Pada tahun 2013 lalu, jumlah penjualan handphone di Indonesia sekitar 60 juta unit dengan nilai mencapai 60 Trilyun rupiah. Nilai yang begitu besar tersebut didominasi oleh perusahaan asing, sedangkan perusahaan lokal hanya bisa menyerap sisanya. Samsung dan Apple berada di peringkat 1 dan 2 jumlah penjualan tertinggi, dengan Huawei, LG, dan Lenovo mengikuti di belakangnya.

“Dengan nilai bisnis yang begitu besar dan trend penjualan smartphone yang terus meningkat, maka kami ingin ikut terjun dan fokus di bisnis smartphone ini”, begitu ia menyampaikan.

Kunjungan Polytron
Suasana pertemuan Polytron dan PME ITB

Agenda selanjutnya adalah paparan dari Dr. Trio Adiono selaku kepala PME ITB mengenai profil dan kemampuan R&D PME ITB yang memang sudah punya pengalaman panjang di bidang mikroelektronika, dari level desain, fabrikasi, manufaktur, sampai level aplikasi. Produk yang dihasilkan PME ITB di antaranya adalah sensor, prosesor, chip telekomunikasi 4G, dan aplikasi android. Presentasi selanjutnya disampaikan oleh Dr. Adi Indrayanto sebagai kepala Lab Sistem dan Aplikasi tentang penelitian di bidang Android OS dan rencana Indonesia membuat satu platfrom penjualan aplikasi bernama Klik Indonesia. Dengan platform tersebut diharapkan akan terjadi peningkatan jumlah konten/aplikasi lokal (asli Indonesia), yang pada akhirnya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

IMG_3847
Demo produk-produk buatan PME ITB

Rangkaian acara kunjungan ini diakhiri dengan melihat demo produk-produk yang telah dihasilkan oleh PME ITB. Kunjungan ini bertujuan untuk saling berbagi ilmu dan wawawasan, serta menjajaki kemungkinan diadakan kerja sama antara PME ITB dan Polytron. PME ITB sangat mendukung para pelaku industri elektronika lokal untuk mengembangkan bisnisnya dan bersaing dengan perusahaan asing. Sudah saatnya Indonesia mandiri di bidang elektronika!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top