Microelectronics Center ITB on CeBIT 2016 and ICT Roadshow

Dalam upaya menjaga keberlanjutan program penelitian dan pengembangan PUI BWA di tahun 2016 ini. PUI BWA memiliki kewajiban melakukan pengembangan keberlanjutan program seperti Sosialisasi Hasil-hasil Penelitian, berupa produk, jasa maupun teknologi kepada komunitas pakar yang terkait dengan masyarakat umum, Business Matching bersama calon mitra bisnis potensial, dan Seminar Internasional di Eropa.

Pusat Mikroelektronika ITB sebagai Pusat Unggulan Iptek BWA akan  mengikuti diseminasi hasli riset melalui sosialisasi dari hasil-hasil penelitian dan pengembangan, termasuk di dalamnya adalah mengikuti Seminar, Business Matching/FGD, Pameran Teknologi, melakukan presentasi ke departemen-departemen pemerintah, dan mensosialisasikan ke masyarakat luas melalui publikasi cetak maupun elektronik.

Melalui komunitas Teknologi BWA, Pusat Mikrolelektronik  ITB diundang untuk mengikuti kegiatan Roadshow ICT di Eropa. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan, dan tahun ini adalah yang ketiga kalinya Pusat Mikroelektronik ITB diikutsertakan dalam rangkaian kegiatan ini. Rangkaian kegiatan tersebut yang menjadi fokus utama adalah di Pameran ICT terbesar di Eropa yakni CeBIT yang belokasi di kota Hannover Jerman.

Jpeg

Pameran CeBIT sendiri merupakan Pameran Internasional IT terbesar di Eropa, dan tahun 2016 ini menyoroti “Big Data” dengan tema utama “DATABILITY”.

Indonesia dan beberapa pengusaha sektor TIK telah merasakan manfaat dari mengikuti CeBIT selama lima tahun berturut-turut (2011-2016). Partisipasi tersebut didukung sepenuhnya oleh Kementrian Perindustrian RI, Kementerian Komunikasi dan Informasi RI, ITPC Hamburg, dan Kedutaan Besar RI – Brussels.

Para penyelenggara dari event Teknologi Informasi (TI) terkemuka dunia menargetkan pertumbuhan baru melalui penyelarasan CeBIT khususnya kebutuhan dan tujuan bisnis dari para kliennya, sekaligus menciptakan korelasi lebih erat antara pameran dan program konferensi.

Dalam beberapa tahun terakhir CeBIT stabil memperkuat posisinya sebagai event B2B dunia terdepan dalam sektor teknologi informasi. Presentase jumlah pengunjung bisnis ke pameran ini terus meningkat, dan untuk peratama kalinya mencapai 82 persen pada tahun 2013. Contoh, satu dari tiga pengunjung bisnis di tahun 2015 lalu berasal dari kalangan manajer kelas atas. Untuk Pusat Mikroelektronik ITB tahun 2016 ini merupakan keikutsertaan yang ketiga kalinya.

CeBIT 2016 akan berlangsung di bulan Maret 2016, khususnya kegiatan pameran akan dilangsungkan sejak Senin, 14 Maret sampai Jumat, 18 Maret 2016.

Disamping itu pula, Pusat Mikroelektronika ITB terlibat dalam kegiatan bisnis forum yang dikoordinasi dan diinisiasi oleh KJRI Hamburg dengan mengundang perusahaan lokal Jerman yang akan berkolaborasi dengan peserta CeBIT dari Indonesia. Kegiatan berlangsung ditengah pameran yakni tanggal 15 maret 2016 berlokasi di Gedung Convention Center Hannover Messe.

Jpeg

Jpeg

Berdasarkan paparan di atas, keikutsertaan Pusat Mikroelektronik ITB di CeBIT dan ICT Roadshow ini baik untuk networking dengan berbagai ahli IT dunia, memperkenalkan Pusat BWA di Indonesia pada Level Internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top