Posted August 21, 2017 by Giri Achmad in News

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2017

Hakteknas ke-22 dibuka oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Center Point of Indonesia, Kota Makassar, Kamis 10 Agustus 2017. Wakil Presiden didampingi oleh Mentri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir, mantan Presiden RI ke-3 B.J. Habibie, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Anggota DPR RI, Anggota DPD RI, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Gubernur undangan, Kepala Lembaga Pemerintah non Kementerian, Duta Besar Negara Sahabat, Pimpinan Perguruan Tinggi.

PUI-PT Pusat Mikroelektronika ITB (PME-ITB) turut serta pada Hakteknas dengan menampilkan produk-produk unggulan bersama dengan rekan bisnis seperti SmartCard (PT. Xirka) dan Smartphone (DigiCoop). Selain itu PME ITB juga membuka stand di Expo Riset, Inovasi dan Teknologi (Ritech Expo) yang menampilkan hasil-hasil penelitian terbaru seperti internet-of-things (MINDS Smarthome System).

PME mengikuti Haktenas selama 4 hari (10-13 Agustus 2017), dan pengunjung  yang terdiri dari pejabat BUMN, akademisi, pelajar dan masyarakat luas membanjiri tenda-tenda tempat Ristech Expo diselenggarakan.

Pengunjung tampak antusias melihat paparan produk dan hasil riset PME seperti MINDS, Base Station dan Visible Light Communication. Turut diperkenalkan juga adalah cara menjadi anggota Kooperasi Digital Mandiri (DigiCoop) dan Teaching Factory yang berada di Politeknik Batam.

         

Tanggapan dari pengunjung pun beraneka ragam, dimulai dari rasa kagum atas pencapaian dari putra bangsa, keinginan untuk lebih mendalami bidang elektronika, penawaran kerja sama, dan permintaan khusus seperti sampel produk dan lainnya.