Posted June 15, 2015 by Nur Ahmadi in News

Kunjungan PME ITB ke CEDEC USM Malaysia

Tim PME ITB pada Rabu, 10 Juni 2015 melakukan kunjungan ke pusat kerja sama pengembangan mikroelektronika, CEDEC, yang berlokasi di Pulang Penang, Malaysia. CEDEC, kepanjangan dari Collaborative miro-Electronic Design Excellence Centre, merupakan pusat yang mengkoordinasikan kegiatan pengembangan desain IC seluruh universitas di Malaysia. CEDEC menyediakan akses tool/software perancangan IC secara online sekaligus fabrikasi IC melalui Multi Project Wafer (MPW)-nya Silterra. Tujuan didirikannya CEDEC adalah untuk meningkatkan jumlah SDM ahli di bidang desain mikroelektronika untuk melengkapi kemampuan yang sudah ada yaitu dalam bidang fabrication, assembly, packaging and testing.

Kunjungan PME ITB ini bertujuan untuk mempelajari ekosistem industri elektronika dan menjajaki kemungkinan kerja sama antara PME ITB dan CEDEC USM. PME ITB didirikan tahun 1986 untuk menjadi pusat unggulan nasional di bidang mikroelektronika. PME ITB mempunyai kesamaan peran dan tujuan dengan CEDEC USM. Untuk itu, kerja sama antara dua pihak akan saling menguatkan peran masing-masing di level nasional, bahkan internasional.

Agenda kunjungan diawali dengan presentasi profil institusi yang disampaikan oleh masing-masing direkturnya, yaitu Prof. Mohd Zaid (CEDEC) dan Dr. Trio Adiono (PME), kemudian dilanjutkan dengan diskusi mengenai kemungkinan kerja sama. Kedua pihak sepakat akan melakukan kerja sama diawali dengan penandatanganan MoU. Detail kerja sama akan dibahas pada pertemuan selanjutnya. Kerja sama ini diharapkan akan menghasilkan produk nyata yang bermanfaat bagi kedua pihak, misalnya dengan melalui proyek pengembangan chip bersama.

Inisiasi kerja sama ini juga didukung oleh Rektor/Vice Chancellor Universiti Sains Malaysia (USM), Prof. Dato’ Omar Osman, dalam sambutannya di gedung rektorat USM. Prof. Dato’ Omar Osman menerima dan mengapresiasi kedatangan ITB sebagai universitas terkemuka di Indonesia dan menekankan pentingnya kerja sama pengembangan suatu produk yang mempunyai manfaat besar bagi masyarakat.DSC02025