Posted May 1, 2015 by Nur Ahmadi in News

PME ITB & Qualcomm Gelar Seminar Teknologi Mobile

Pada Rabu, 29 April 2015, Pusat Mikroelektronika (PME) ITB bekerja sama dengan Qualcomm Inc menyelenggarakan seminar bertajuk “Dampak Teknologi Mobile Dalam Mendorong Inovasi” dengan menghadirkan pembicara utama DarellĀ  West, Wakil Presiden dan Direktur Bidang Studi Pemerintahan dari Brookings Institution, Amerika Serikat.

Dalam paparannya, Darell West menekankan pentingnya inovasi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi suatu negara. Di era digital seperti sekarang ini, teknologi mobile memegang peranan yang sangat penting sebagai media akses informasi dan komunikasi. Pemerintah melalui regulasi/kebijakan, industri melalui aktivitas pengembangan produk, dan universitas melalui penelitiannya dituntut untuk bisa saling bersinergi dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi berbasiskan ilmu pengetahuan (knowledge based economy).

Sementara itu, Trio Adiono, selaku kepala PME ITB menyampaikan besarnya potensi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Diperlukan ekosistem industri yang kuat dan kondusif agar percepatan pertumbuhan ekonomi dapat terwujud. Event ini juga merupakan salah satu langkah untuk diseminasi pengetahuan tentang bagaimana membangun ekosistem dan menumbuhkan iklim inovasi. “Kita berharap bahwa Indonesia tidak hanya sebagai konsumen produk teknologi, tapi juga aktif terlibat sebagai produsen teknologi. Dalam hal ini, PME ITB terbuka untuk mempererat kerja sama dengan institusi internasional dan pemain global seperti Qualcomm”, ujarnya.