Posted May 23, 2014 by Nur Ahmadi in News

PME ITB & Telkomsel Diskusi Teknologi BWA

Pada Senin 19 Mei 2014, bertempat di Gedung Riset dan Inovasi lantai 4, PME ITB yang ditunjuk oleh Kemenristek RI sebagai Pusat Unggulan Iptek Broadband Wireless Access (PUI BWA) mengadakan forum diskusi bertemakan “Pengembangan Teknologi BWA di Indonesia”. Hadir sebagai narasumber utama adalah Ivan C. Permana, VP Technology & System Telkomsel dan Redi Subekti (Supervisor PUI BWA).

Pada diskusi ini, dipaparkan kondisi pasar dan masyarakat Indonesia terkait teknologi BWA, teknologi yang memungkinkan komunikasi berjalan dengan kecepatan tinggi. Teknologi BWA yang saat ini sedang menjadi trend di dunia adalah Long Term Evolution (LTE). Di banyak negara maju seperti Amerika, Jepang, dan Korea, layanan LTE sudah bisa dirasakan oleh warganya. Secara teoritis LTE yang termasuk teknologi 4G mampu memberikan kecepatan tiga kali lipat dibandingkan generasi sebelumnya, 3G.

Ivan menyebutkan bahwa Telkomsel berencana akan meluncurkan LTE dalam waktu dekat. Beberapa uji coba sudah pernah dilakukan termasuk saat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) di Bali pada Oktober 2013 lalu. Pada forum diskusi ini, juga dibicarakan kemungkinan diadakannya kerja sama antara Telkomsel dan PME ITB untuk pengembangan teknologi dan aplikasi BWA, termasuk LTE. Pada akhir diskusi, Trio Adiono, Ph.D. selaku kepala PME ITB menunjukkan demo beberapa hasil penelitiannya yang terkait dengan BWA.

Diskusi Telkomsel 3 Diskusi Telkomsel 2