Strategi Membangun Industri Elektronika Indonesia

Strategi Membangun Industri Elektronika Indonesia

Kata Pengantar

Buku terbitan ITB Press (Penerbit ITB) yang disusun oleh Trio Adiono, Ph.D, Adi Indrayanto, Ph.D, dkk ini disusun sebagai masukan bagi semua pihak dalam rangka pengembangan industri elektronika di Indonesia dan disusun berdasarkan hasil diskusi dengan berbagai pakar terkait dan kunjungan kerja kebeberapa industri di Indonesia oleh Pusat Mikroelektronika (PME) ITB. Buku ini membahas tentang strategi pengembangan industri elektronika di Indonesia. Industri elektronika memegang peran yang sangat penting dalam perkembangan berbagai produk berteknologi tinggi saat ini, seperti produk telekomunikasi, otomotif, energi, pertahanan dan lain sebagainya.
Order Now!
About the Book

Buku ini disusun sebagai masukan bagi semua pihak dalam rangka pengembangan industri elektronika di Indonesia dan disusun berdasarkan hasil diskusi dengan berbagai pakar terkait dan kunjungan kerja kebeberapa industri di Indonesia oleh Pusat Mikroelektronika (PME) ITB.

Buku ini membahas tentang strategi pengembangan industri elektronika di Indonesia. Industri elektronika memegang peran yang sangat penting dalam perkembangan berbagai produk berteknologi tinggi saat ini, seperti produk telekomunikasi, otomotif, energi, pertahanan dan lain sebagainya. Keberadaan ekosistem industri merupakan hal penting untuk mendorong berkembangnya industri tersebut. Agar kita memiliki pemahaman yang komprehensif tentang Industri Elektronika Indonesia, maka buku ini akan coba menjawab kebutuhan tersebut.

Pembahasan yang dilakukan melingkupi keseluruhan ekosistem industri elektronika, mulai dari industri komponen, sampai dengan industri aplikasi, sehingga terbentuk berbagai jenis perangkat elektronika. Analisis dilakukan berdasarkan kondisi Indonesia saat ini dan berbagai kekurangan dan keunggulan yang ada di Indonesia. Buku ini juga membahas segala permasalahan yang ada, solusi dan tahapan tindakannya.

Di dalam buku ini, juga akan dilakukan pembahasan tentang berbagai permasalahan tidak berkembangnya industri elektronika nasional. Kemudian, pembahasan dilanjutkan dengan kajian membangun ekosistem industri yang perlu dikembangkan untuk pengembangan industri elektronika tersebut. Oleh karena itu perlu dilakukan identifikasi keberadaaan dan potensi industri perangkat elektronika di Indonesia. Identifikasi potensi wilayah Indonesia akan disesuaikan dengan industri perangkat telematika yang akan diproduksi. Untuk itu dibuat Peta Jalan Teknologi (Technology Road Map) dan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM).

Persiapan SDM yang sesuai dengan standar industri perlu didukung oleh kompetensi lulusan dari setiap jenjang pendidikan, mulai dari level SMK, Politeknik hingga Perguruan Tinggi. Pemetaan lulusan dari setiap jenjang pendidikan akan disesuaikan dengan supply chain industri. Berdasarkan hasil identifikasi kondisi industri di Indonesia terhadap Technology Road Map dan SDM, dibuat suatu usulan langkah strategis untuk menumbuhkan ekosistem industri perangkat elektronika di Indonesia. Pendekatan yang dilakukan adalah dengan memfokuskan pada pengembangan teknologi yang dibutuhkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pengembangan SDM, dan stimulasi ekosistem industri, serta penyiapan aspek bisnis dan regulasi.

Disclosure of Material Connection: Some of the links in the page above are "affiliate links." This means if you click on the link and purchase the item, I will receive an affiliate commission. I am disclosing this in accordance with the Federal Trade Commission's 16 CFR, Part 255: "Guides Concerning the Use of Endorsements and Testimonials in Advertising."
Scroll to top