Research Roadmap

Roadmap

Research Roadmap 2021-2025

Berbagai negara memasukkan revolusi industri sebagai salah satu agenda nasional dengan tujuan meningkatkan daya saing negara di pasar global. Hal yang sama juga telah dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia melalui program Kementerian Perindustrian “Making Indonesia 4.0”. Program ini memfokuskan pengembangan pada lima sektor utama, yaitu makanan & minuman, tekstil & busana, otomotif, kimia, dan elektronik. Prioritas tersebut dipilih menjadi fokus setelah melalui evaluasi dampak ekonomi dan kriteria kelayakan implementasi yang mencakup ukuran PDB, perdagangan, potensi dampak terhadap industri, besaran investasi, dan kecepatan penetrasi pasar. Dengan mengandalkan keahlian di bidang teknologi elektronika, pemrosesan material, dan perancangan sistem, peta jalan 2021-2025 diarahkan menuju penciptaan produk teknologi untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dalam bidang kesehatan, pertanian, telekomunikasi dan sistem cerdas.

 

MARKET

Pada akhir tahun 2025, diharapkan adanya produk riil yang dihasilkan dari Produk dan Teknologi yang telah dikembangkan yang berasal dari Penelitian (Research) dari Sumber Daya (Resource) yang ada. Ada berbagai bidang yang akan menjadi target pasar dari PUI yaitu di bidang Pertanian (Agriculture), Pelayanan Kesehatan (Healthcare), Kota Cerdas (Smart City), dan Telekomunikasi (Telecommunications). Sebagai contoh produk pada bidang Pertanian dapat dibangun dari pengembangan produk IoT Board, AI Chip, Embedded System, hingga Telecom Infrastructure. Salah satu contoh market adalah para petani yang menggunakan teknologi Green House yang membutuhkan monitoring pada tanamannya. Begitu pula pada bidang Pelayanan Kesehatan. Produk pada bidang ini juga dapat dibangun dari produk IoT, Embedded System, Medical Instrument, AI Chip, Telekomunikasi dan Electronic dan Photonic Devices. Salah satu market adalah Rumah Sakit dan Pasien yang menerapkan teknologi diagnosis ataupun monitoring kesehatan. Pada bidang Smart City, produk IoT, AI Chip, Embedded System, dan Telekomunikasi juga dapat memenuhi kebutuhan market seperti Crowd Monitoring, Road Monitoring, dan Smart Building. Sedangkan market pada bidang Telekomunikasi didukung dari produk-produk IoT, AI Chip, Embedded System, dan Infrastruktur Telekomunikasi seperti BTS 4G, teknologi 5G, Beyond 5G, dan teknologi LIFI yang dapat ditargetkan pada operator Selular dan pengguna jasa telekomunikasi di berbagai bidang.

 

PRODUCT

Produk yang dikembangkan sudah disesuaikan dengan kebutuhan dari masyarakat saat ini dan diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan yang dihadapi di bidang pertanian, telekomunikasi, jasa kesehatan dan kota cerdas. Pengembangan produk ini dapat dilakukan bekerjasama dengan stake-holder yang memiliki kompetensi dalam manufaktur/marketing produk. Berikut adalah daftar produk yang sudah dan akan dikembangkan oleh PUI BWA dalam waktu lima tahun kedepan

 

Category

Product

Telecommunication

Modem Wireless OFDM

Medical

PCR, Microfluidic PCR, Ventilator

IoT Sensor

Sistem Absensi Fingerprint, Smart Meter PLN, Sistem Cek Bagasi, IoT untuk E-Fisheries, Sistem Analisis Kualitas Kota

Devices

Supercapacitor CNT, Photonic devices, Solar cell

Embedded System

Smart Dashboard, Smartphone, Tablet E-learning, Platform Smart Edu, Arduino Indonesia

AI

Processor AI, Crowd Monitoring

Manufacture

Mesin manufaktur PCB

 TECHNOLOGY

Dengan menggunakan teknologi state of the art seperti AI accelerator, Carbon nanotube, Multilayer PCB dan 5G/6G diharapkan produk/purwarupa yang dikembangkan memiliki nilai kebaruan. Teknologi yang menjadi basis pengembangan produk juga merupakan teknologi yang saat ini sedang berkembang sehingga memungkinkan terjalinnya kerjasama riset dengan pihak industri. Dengan ini proses riset dan pengembangan dari setiap topik selain diharapkan dapat menghasilkan purwarupa/produk, juga dapat menghasilkan karya berupa tulisan ilmiah atau HAKI.

RESEARCH

Bidang penelitian mencakup sensor, sistem, komunikasi, dan penyimpanan energi. Penelitian yang dilaksanakan dapat merupakan perpaduan dua atau lebih bidang. Dengan ini, topik penelitian dapat bervariasi dan mencakup lebih banyak teknologi, terutama teknologi yang sedang  muncul dan tercanggih (state-of-the-art). Keragaman topik ini membuka peluang kerjasama dengan institusi/lembaga penelitian nasional maupun internasional. 

RESOURCE

Sumber daya yang dimiliki baik dalam bentuk Sumber Daya Manusia (SDM) dan peralatan baik dalam bentuk perangkat keras dan lunak. Fasilitas yang tersedia diantaranya mesin SMT untuk proses manufaktur produk elektronika, clean room untuk proses teknologi material dan devais, CAD tools, 3D printer, SDR board dan FPGA, serta fast-prototyping system. Saat ini PUI memiliki SDM kompeten dengan komposisi 25 dosen, 20 asisten peneliti dan 15 tenaga adminsitratif. 

 

Research Roadmap 2017-2020

Products Roadmap

  • High Performances
  • Low Cost
  • High Added Value

Products Roadmap

Scroll to top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /var/cpanel_user/home/pmeitb/public_html/wp-includes/functions.php on line 4755