Posted April 8, 2014 by Nur Ahmadi in News

Supervisi Kegiatan PUI BWA Oleh Kemenristek RI

Pada Selasa (8/4) Kemenristek RI berkunjung ke PME ITB dalam rangka supervisi kegiatan PUI BWA. Kegiatan tersebut berlangsung di ruang Audiovisual Lab Sistem, Lantai 4 PME ITB. Supervisi ini merupakan salah satu bentuk tindak lanjut ditetapkannya PME ITB sebagai satu dari 17 Pusat Unggulan Iptek (PUI) seluruh Indonesia yang akan dibina oleh Kemenristek pada akhir 2013 lalu.

Kegiatan supervisi ini dilakukan melalui pengamatan baik secara langsung maupun tidak langsung yang dilakukan secara berkala oleh tim supervisi melalui aktivitas bimbingan, pengarahan, observasi, motivasi dan evaluasi dalam mencapai tujuan lembaga PUI. Tim supervisi ini merupakan tim independen yang berasal dari lembaga-lembaga iptek di luar Kemenristek. Perwakilan tim supervisi yang hadir adalah Eddy Satriya (Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian) dan Redi Subekti (PT QDC).

Menurut perwakilan dari Kemenristek, Dr. Yohan , ada 4 kriteria agar suatu lembaga ditetapkan sebagai Pusat Unggulan Iptek, yakni kemampuan menyerap informasi dari luar, kemampuan melakukan penelitian dan pengembangan, kemampuan mennyebarluaskan hasil, dan kemampuan mengembangkan produk berbasis sumber daya lokal. Keempat kriteria tersebut merupakan ejawantah dari dua prinsip dasar yaitu keunggulan di bidang akademis dan kemampuan mengkomersialkan hasil litbang.

Presentasi program kerja dan capaian PUI BWA disampaikan oleh direktur eksekutif PUI BWA, Dr. Trio Adiono. Selama 3 bulan keberjalanan PUI BWA, cukup banyak aktivitas yang telah dilakukan, seperti mengikuti pameran IT di Cebit Jerman, menjadi pembicara di forum Indonesia ICT Day di Belanda, menyelenggarakan kuliah tamu dan menerima kunjungan akademis dari Pukyong National University, forum diskusi dengan Polytron, kunjungan industri ke PT. Omron, dll. Setelah itu, tim supervisi yang terdiri dari pihak pemerintah dan industri memberikan saran yang sangat berharga bagi PME ITB untuk mewujudkan target PUI BWA dalam setahun ini.

Minute of Meeting dapat diunduh disini